A. Prinsip Pelaksanaan PK GURU
Prinsip-prinsip
utama dalam pelaksanaan PK GURU adalah sebagai berikut.
- Berdasarkan ketentuan
PK GURU harus
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan mengacu pada peraturan yang berlaku.
- Berdasarkan kinerja
Aspek yang dinilai dalam PK GURU adalah kinerja yang dapat diamati
dan dipantau, yang dilakukan guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari,
yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan/atau tugas
tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
- Berlandaskan dokumen PK GURU
Penilai, guru
yang dinilai, dan unsur yang terlibat dalam proses PK GURU harus memahami semua
dokumen yang terkait dengan sistem PK GURU. Guru dan penilai harus memahami pernyataan
kompetensi dan indikator kinerjanya secara utuh, sehingga keduanya mengetahui tentang
aspek yang dinilai serta dasar dan kriteria yang digunakan dalam penilaian.
- Dilaksanakan secara konsisten
PK GURU
dilaksanakan secara teratur setiap tahun diawali dengan penilaian formatif diawal
tahun dan penilaian sumatif di akhir tahun dengan memperhatikan
hal-hal berikut.
a) Obyektif
Penilaian
kinerja guru dilaksanakan secara obyektif
sesuai
dengan kondisi nyata guru dalam melaksanakan
tugas sehari hari.
b)
Adil
Penilai kinerja guru
memberlakukan
syarat, ketentuan, dan prosedur standar kepada semua guru yang dinilai.
c)
Akuntabel
Hasil
pelaksanaan penilaian kinerja guru dapat
dipertanggungjawabkan.
d)
Bermanfaat
Penilaian kinerja
guru bermanfaat bagi guru dalam rangka peningkatan kualitas kinerjanya
secara berkelanjutan, dan sekaligus pengembangan karir profesinya.
e)
Transparan
Proses
penilaian kinerja guru memungkinkan bagi
penilai, guru yang dinilai, dan pihak lain yang berkepentingan, untuk memperoleh
akses informasi atas penyelenggaraan penilaian tersebut.
f)
Praktis
Penilaian kinerja
guru dapat dilaksanakan secara mudah tanpa mengabaikan prinsip-prinsip
lainnya.
g)
Berorientasi pada
tujuan
Penilaian dilaksanakan
dengan berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan.
h)
Berorientasi pada
proses
Penilaian kinerja
guru tidak hanya terfokus pada hasil, namun juga perlu memperhatikan
proses, yakni bagaimana guru dapat mencapai hasil tersebut.
i)
Berkelanjutan
Penilaian kinerja guru dilaksanakan secara
periodik, teratur, dan berlangsung secara terus menerus (on going) selama seseorang menjadi guru.
j)
Rahasia
Hasil PK GURU
hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan.
B. Aspek yang Dinilai dalam PK GURU
Guru sebagai
pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain
yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh karena itu, dalam penilaian
kinerja guru beberapa sub-unsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut:
1.
Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran
atau guru kelas, meliputi kegiatan merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil
penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam
menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai
dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mensyaratkan guru
menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke
dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
Untuk mempermudah penilaian dalam PK GURU, 24 (dua puluh empat) kompetensi
tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rincian jumlah kompetensi tersebut diuraikan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Kompetensi
Guru Kelas
/ Guru Mata
Pelajaran
No
|
Ranah
Kompetensi
|
Jumlah
|
|
Kompetensi
|
Indikator
|
||
1
|
Pedagogik
|
7
|
45
|
2
|
Kepribadian
|
3
|
18
|
3
|
Sosial
|
2
|
6
|
4
|
Profesional
|
2
|
9
|
|
Total
|
14
|
78
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar